Video Mobil Samsat Keliling Plat Merah Mati Pajak Beredar di Sosmed

Bandarlampung, DL- Sebuah video yang menunjukkan Mobil Samsat Keliling Provinsi Lampung diduga mati pajak melaju di jalan raya.

Video berdurasi 8 detik yang memperlihatkan mobil Daihatsu berplat merah bernomor polisi BE 9987 AZ dengan masa berlaku sampai dengan tahun 2018 tersebut diunggah akun Instagram @yougieugie.

Dalam video tersebut warga menanyakan mengapa mobil samsat plat merah mati pajak.

“Apa maksudnya ini, ini plat nomor mati ini. Mobil samsat plat merah mati ini platnya,” kata pria dalam video tersebut.

Berdasarkan informasi, mobil tersebut merupakan mobil samsat keliling untuk wilayah kerja di Kabupaten Pesawaran.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Jon Novri membenarkan mobil tersebut milik Bapenda Provinsi Lampung.

“Iya, bahwa mobil samling tersebut benar milik Bapenda Provinsi Lampung wilayah kerjanya di Kabupaten Pesawaran,” ujar Jon Novri saat dikonfirmasi, Kamis (17-11-2022).

Namun, Jon menjelaskan bahwa mobil tersebut tidak mati pajak. Bahkan masa berlaku pajak hingga bulan Desember 2022 nanti.

“Kami sampaikan bahwa masa berlaku pajak mobil tersebut sampai dengan bulan Desember 2022,” kata dia.

Kemudian, untuk mobil SIM Keliling Bapenda Provinsi Lampung wilayah kerja Pesawaran ini juga tidak mati pajak atau STNKnya masih berlaku.

“Sedangkan, masa berlaku STNK sampai dengan bulan Desember 2023. Jadi kondisi pajak mobil samling tersebut tidak mati pajak,” ucapnya.

Terkait pelat yang masih tahun 2018, Jon mengungkapkan, itu merupakan kelalaian dari petugas yang tak mengganti pelat mobil Samsat Keliling tersebut.

“Hanya saja ada kelalaian dari petugas lapangan yang tidak mengganti nomor polisi lama tersebut dengan nomor polisi yang baru,” tutupnya.(Ca)