Taufik Basari Gelar Sosialisasi Empat Pilar Bersama Warga Palapa

BANDARLAMPUNG, DL –  Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Taufik Basari Bicara Pancasila & Tantangan Milenial Tanjungkarang Pusat, Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Taufik Basari menggelar Sosialisasi Empat Pilar bersama sejumlah elemen masyarakat di Palapa, Tanjung Karang Pusat pada 11 Desember 2020.

Taufik yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem ini mengaku penting nilai-nilai Pancasila kembali dibumikan agar generasi penerus memahami setiap makna yang terkandung dalam butir-butir Pancasila.

Deras arus informasi di era digital lanjut Taufik, harus diimbangi dengan menggunakan formula tepat dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada semua lapisan masyarakat, khususnya generasi milenial. Hal ini menurutnya akan menjadi tantangan tersendiri.

“Negara akan pecah dan masyarakatnya akan bersifat individualistis, muncul sikap membeda-bedakan ras/suku maupun agama. Jika sikap seperti ini mucul, artinya tidak sesuai lagi dengan Pancasila sila terutama sila ke-1 dan ke-3” ungkap Taufik.

Penanaman nilai-nilai Pancasila menurut Taufik, harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang berbasis digital sehingga bisa lebih efektif. Melalui sarana digitalisasi, contoh penerapan nilai-nilai Pancasila bisa diambil dari beberapa sampel konten yang paling banyak disukai dan mudah diterima kalangan milenial.

“Hal ini penting sebagai strategi menanamkan nilai-nilai Pancasila sehingga generasi milenial tetap menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menerapkan nilai-nilai sosial bermasyarakat” ungkapnya.

Terakhir, Taufik berharap masyarakat bisa aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan Indonesia yang adil dan damai, yang bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari. (Red)