Pemkab Lamsel Siap Melaksanakan Instuksi Dari Presiden

LAMPUNG SELATAN – DAULATLAMPUNG.COM – Pencegahan penyebaran covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat menjadi atensi Presiden RI, Ir. Joko Widodo dalam rakornas Kepala Daerah yang digelar via zoom meeting, Rabu (28/4) kemarin. Pemkab Lamsel menyatakan kesiapannya melaksanakan berbagai hal yang diinstruksikan tersebut.

Hal ini ditegaskan Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto didampingi oleh Sekkab Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM usai mengikuti rakornas bersama jajaran Forkopimda Lamsel, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, kemarin.

Dalam rakornas kepala daerah tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lamsel, Pandu Kesuma Dewangsa. Tampak pula hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu jajaran Asisten Bupati serta Staf Ahli Bupati Lamsel.

Menurut Nanang, masalah pandemi covid-19 masih menjadi prioritas utama pemerintah untuk diselesaikan. Sebab, penyebaran virus yang menyerang saluran pernafasan itu masih terus terjadi di berbagai daerah.

“Apalagi saat ini jelang perayaan hari raya Idul Fitri. Dikhawatirkan masih banyak masyarakat yang nekat mudik. Maka dari itu, pemerintah daerah berkewajiban menjaga wilayahnya masing-masing agar bisa mengantisipasi penularannya,” ungkap Nanang.

Dia menegaskan, Kabupaten Lamsel menjadi daerah yang sangat berperan dalam mencegah penyebaran covid-19 pada kondisi saat ini. Karena, sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera yang menjadi akses keluar masuk masyarakat.

“Maka kami himbau kepada seluruh jajaran terkait yang terlibat langsung melakukan penyekatan bisa bekerja dengan baik. Koordinasi dengan semua pihak juga harus digencarkan. Karena tolak ukur kesuksesan penyekatan wilayah bisa dilihat dari kasus covid-19 pasca perayaan Idul Fitri nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Sekkab Lamsel, Thamrin menyatakan, pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi juga menjadi atensi khusus Presiden dalam kegiatan tersebut. Maka, berbagai hal yang berkaitan dengan perekonomian masyarakat harus diselesaikan oleh pemerintah.

“Seperti percepatan penyerapan anggaran daerah dan sejenisnya. Hal ini yang sangat berpengaruh dengan perekonomian masyarakat. Lalu, presiden juga menginstruksikan untuk memprogramkan bantuan UMKM dan permodalan masyarakat agar bisa bangkit dalam keterpurukan pada masa pandemi ini,” terang Thamrin.

 

Instruksi dan arahan tersebut, imbuhnya, bakal ditindaklanjuti dan menjadi hal yang diprioritaskan Pemkab Lamsel. Terlebih, saat ini pihaknya tengah merampungkan refocusing anggaran 2021.

“Tentu akan kita laksanakan se-maksimal mungkin apa yang menjadi arahan Presiden tadi. Untuk penjabarannya bakal kita libatkan seluruh stake holder sebagai tindaklanjut nya,” pungkasnya. (idh/Hrn)