Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik Jelang Nataru, PLN UID Lampung Gelar Apel Siaga

Bandarlampung,DL- Jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menggelar Apel Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di halaman parkir PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjungkarang, Kamis (14/12/2023).

General Manager PT PLN UID Lampung Saleh Siswanto mengatakan, Apel Siaga dilakukan guna memastikan kesiapan pasokan listrik hingga petugas beserta peralatannya jelang dua hari besar tersebut.

“Kegiatan tersebut digelar dengan maksud demi masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan aman dari segi kelistrikan,” ujar Siswanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/12).

Dalam kegiatan tersebut, Siswanto didampingi oleh seluruh Senior Manager dan Manager UP3 Tanjungkarang juga melakukan pemeriksaan petugas beserta peralatan, agar dapat bergerak cepat pada masa siaga kelistrikan Natal dan Tahun Baru.

“Seluruh petugas di PLN UID Lampung siap mendukung keandalan pasokan listrik pada saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Untuk penanganan keluhan atau gangguan, petugas kami juga siap siaga 24 jam untuk memberikan respon kepada pelanggan,” ungkap Saleh Siswanto.

Dia menjelaskan, PLN telah menyiapkan posko-posko siaga yang dilengkapi dengan petugas beserta peralatan yang dapat menunjang pelayanan dan keandalan. Petugas juga disiagakan secara khusus di lokasi-lokasi prioritas selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“PLN UID Lampung telah membentuk posko siaga berjumlah 102 posko dengan total personel pegawai PLN sebanyak 132 orang, Pelayanan Teknik (Yantek ) 1.099 orang serta petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM) 21 orang. Petugas juga kami siagakan di lokasi-lokasi seperti rumah ibadah khususnya gereja, kantor-kantor pelayanan publik, dan juga fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Klinik,” jelas Saleh Siswanto.

Selanjutnya kepada seluruh peserta apel Siswanto menuturkan, listrik merupakan kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat. Terlebih, listrik sangat diandalkan oleh masyarakat ketika perayaan hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru yang jaraknya hanya kurang dari 2 minggu lagi.

Untuk itu, kata Siswanto, sudah menjadi kewajiban PLN untuk memberikan pasokan listrik yang andal untuk masyarakat.

“Saat ini kebutuhan listrik tidak bisa ditunda lagi di dalam kehidupan masyarakat. Artinya, listrik menjadi kebutuhan utama. PLN tentu berkomitmen untuk terus memberikan pasokan listrik yang andal kepada masyarakat. Kami terus berusaha meningkatkan produktivitas di segala lini, terutama di keandalan pasokan,” tegasnya.

Lebih lanjut Saleh Siswanto mengimbau masyarakat untuk mengunggah aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi PLN Mobile masyarakat bisa mendapatkan layanan kelistrikan 24 jam.

Pasalnya, seluruh informasi maupun layanan terkait kelistrikan dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile merupakan hasil transformasi digital yang dilakukan oleh PLN.

“Di era digitalisasi seperti saat ini, semua dibuat semudah mungkin. Masyarakat yang membutuhkan layanan kelistrikan maupun melakukan pengaduan gangguan kelistrikan saat ini tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Semua informasi kelistrikan dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore. Semua makin mudah dengan PLN Mobile,” tutup Saleh Siswanto.(Ca)