Pasien Positif Corona di Lampung Bertambah Jadi 3

BANDARLAMPUNG, DL – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana, membenarkan penambahan dua pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona di Lampung yang positif, sehingga bertambah menjadi tiga orang.

“Pasien positif saat ini di Provinsi Lampung ada 3 orang. Namun pasien-pasien ini memang sudah masuk dalam PDP. Bukan pasien baru. Dirawat di Abdul Moeloek (RSUDAM),” ungkap Reihana di WhatsApp Grup, Kamis (26/3/2020).

Dijelaskannya, PDP di Lampung berjumlah 18 pasien. Namun tiga di antaranya negatif dan sudah pulang.

“Semua pasien (positif) itu tidak ada yang transmisi lokal. Maksudnya dia tidak kemana-mana. Pasien nomor 1 dia kontak di Bogor, nomor 2 kontak di Yogya, pasien nomor 3 kontak dengan orang asing yang dibawanya  (ke Lampung). Dia (orang asing) datang ke sini. Baru tahu hari ini. Nanti akan kita coba tracing, terutama keluarganya,” ungkap Reihana.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto membeberkan data pasien positif virus Corona di seluruh Indonesia per hari ini, Kamis (26/3/2020) pukul 12.00 WIB.

Ada penambahan untuk wilayah Lampung sebanyak dua orang, sehingga jadi tiga orang yang positif terinfeksi virus Corona.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung, Reihana, mengungkapkan ada satu penambahan pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona di Lampung yang positif, sehingga menjadi dua pasien positif.

“Kalau sebarannya masih didominasi DKI,” tutur Yurianto, di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, dilansir Liputan6.

Adapun untuk seluruh wilayah Indonesia, tercatat penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 103 orang, sehingga totalnya mencapai 893 orang.

Kemudian jumlah pasien sembuh sebanyak 35 orang dan korban meninggal dunia ada penambahan menjadi 78 orang.

Secara rinci, berdasarkan data paparan untuk pasien positif mulai dari wilayah Bali 9 orang, Banten 67 orang, Daerah Istimewa Yogyakarta 16 orang, DKI Jakarta 515 orang, Jambi 1 orang, Jawa Barat 78 orang, Jawa Tengah 40 orang, Jawa Timur 59 orang, Kalimantan Barat 3 orang, Kalimantan Timur 11 orang, Kalimantan Tengah 6 orang, dan Kalimantan Selatan 1 orang.

Kemudian, Kepulauan Riau 5 orang, Nusa Tenggara Barat 2 orang dan Sumatera Selatan 1 orang, Sulawesi Utara 2 orang, Sumatera Utara 8 orang, Sulawesi Tenggara 3 orang, Sulawesi Selatan 27 orang, Lampung 3 orang, Riau 2 orang, Maluku Utara 1 orang, Maluku 1 orang, dan Papua 7 orang.

Adapun temuan kasus baru positif corona dari yang sebelumnya tidak ada, terjadi di Aceh 1 orang, Sumatera Barat 3 orang, dan Sulawesi Tengah 1 orang. (Mt/red)