Ngaku Berpangkat AKP, Seorang Polisi Gadungan Berhasil Ditangkap

Bandarlampung, DL- Seorang polisi gadungan yang mengaku berdinas di Polda Metro Jaya dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) berhasil diamankan Sat Reskrim Polresta Bandarlampung, Minggu (2-10-2022) malam.

Polisi gadungan tersebut ditangkap di salah satu Bank di Bandarlampung saat tengah mengenakan kemeja warna merah berpenampilan rapi dan dilengkapi dengan lencana dari Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) yang terpasang di saku kiri layaknya polisi sungguhan.

Penangkapan polisi gadungan tersebut berdasarkan nomor laporan polisi : LP/B/2362/X/2022/SPKT/Polresta Bandar Lampung/Polda Lampung tanggal 02 Oktober 2022.

Informasi yang dihimpun daulatlampung.com, polisi gadungan tersebut bernama Agam Satrio (30) warga Kabupaten Nias Selatan.

Modus operandi pelaku yaitu mengaku sebagai Anggota Kepolisian yang berdinas di Polda Metro Jaya yang sedang mencari pelaku Bandar Narkoba dan kehilangan dompet/barang lainnya kemudian meminta bantuan uang kepada korban berinisial AS (22) untuk pulang ke BSD Tanggerang dan nanti akan dikembalikan serta dijanjikan diberikan kendaraan sepeda motor pada Minggu (31-7) sekitar pukul 16.00 wib.

Lantaran merasa kasihan, korban menyerahkan uang sebesar Rp 400 ribu. Namun, pada Senin (1-8) sekitar pukul 17.20 wib, pelaku kembali menghampiri korban dan meminta uang untuk makan karena uangnya habis dan korban memberikan uang sebesar Rp 500 ribu.

Kemudian karena merasa curiga dan ada kejanggalan lantaran motor yang dijanjikan tidak dikirim, hanya foto-foto saja yang diberikan. Korban yang merasa dirugikan sebesar Rp 900 ribu langsung melaporkan kejadian penipuan tersebut ke Mapolresta Bandarlampung.

Pelaku diduga telah melakukan penipuan sebagai anggota Kepolisian Polda Metro Jaya sejak dua bulan terakhir yakni dari bulan Agustus 2022 sampai dengan Oktober 2022.

Saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung Kompol Dennis Arya Putra membenarkan adanya penangkapan terhadap polisi gadungan tersebut.

“Ya benar, kasus penipuan,” ujar Dennis. Senin (3-10) sore.

Terkait kronologis penangkapan dan seperti apa modusnya, Dennis belum dapat memaparkan.

Menurut Dennis, saat ini polisi gadungan tersebut sedang diperiksa tim penyidik dari unit tindak pidana tertentu (Tipidter) Mapolresta Bandarlampung.(Ca)