Minim Pendaftar Perempuan, Bawaslu Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslucam

Bandarlampung, DL- Sebanyak 168 orang sudah mendaftar sebagai calon panitia pengawas pemilihan umum Kecamatan (Panwaslucam) kota Bandarlampung pada hari keempat pendaftaran.

Adapun 168 orang tersebut terdiri dari 119 laki-laki dan 49 perempuan yang merupakan representasi dari 20 kecamatan yang ada di kota Bandarlampung.

Koordinator Divisi Sumberdaya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Kota Bandarlampung Asep Setiawan mengatakan, Bawaslu RI mengintruksikan dalam rekrutmen Panwaslucam harus memperhatikan keterwakilan perempuan.

Asep mengungkapkan, untuk pendaftar saat ini, 6 dari 20 kecamatan yang ada di Bandarlampung masih minim pendaftar perempuan.

Keenam kecamatan tersebut yakni Telukbetung Utara, Telukbetung Barat, Telukbetung Selatan, Tanjungkarang Pusat, Labuhan Ratu dan Sukarame.

“Apabila dalam satu kecamatan pada masa pendaftaran tidak ada atau tidak sampai dua orang keterwakilan perempuannya maka akan dilanjutkan untuk memperpanjang pendaftaran,” ujar Asep, Minggu (25-9-2022).

Disinggung terkait adanya perpanjangan masa pendaftaran hanya berlaku khusus kecamatan yang minim pendaftar perempuan atau seluruh kecamatan, Asep mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi.

Sementara Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung Karno mengungkapkan, yang akan diperpanjang waktu pendaftaran adalah khusus kecamatan yang minim pendaftar perempuan.

“Jadi minimal pendaftar perempuan di setiap kecamatan harus ada dua orang. Kalo kosong atau kurang dari dua, maka Bawaslu akan memperpanjang masa pendaftaran khusus di kecamatan yang minim pendaftar perempuannya,” kata Karno.

Karno menambahkan, jadwal pendaftaran Panwaslucam dimulai pada 21-27 September 2022, dan apabila masih ada yang minim artinya akan diperpanjang pada 2-8 Oktober 2022 mendatang.

“Tapi kalau nanti sudah diperpanjang dan masih minim perempuannya, maka akan lanjut proses rekrutmennya,” pungkasnya.(Ca)