Ketersediaan Sapi Potong di Lampung Aman Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443

BANDARLAMPUNG, DL – Menjelang Idul Fitri 1443 H, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Tri Melasari, S.Pt., M.Si, memantau ketersediaan sapi potong di Provinsi Lampung,  Sabtu (30/04/2022).

Dalam melaksanakan peninjauan  tersebut Tri Melasari, S.Pt., M.Si,  didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ir. Lili Mawarti, M.Si dan Perwakilan Balai Veteriner Lampung drh. Tri Guntoro, MP.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ir. Lili Mawarti, M.Si, menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka memantau ketersediaan stock Sapi Potong menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Provinsi Lampung yang merupakan salah satu daerah penghasil ternak sapi potong.

Pemantauan dilaksanakan di 2 feedloter Lampung yaitu PT. Karunia Alam Sentosa Abadi (KASA) di Kecamatan Bekri dan PT. Indo Prima Beef di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

Jumlah populasi sapi potong di PT. KASA sebanyak 2.993 ekor sedangkan jumlah sapi siap jual sebanyak 580 ekor . Saat ini tim marketing PT. KASA masih terus menawarkan sapi yang siap dijual kepada pelanggannya.

Jumlah populasi sapi potong di PT. IPB sebanyak 1.800 ekor (terdiri atas 1.347 ekor sapi impor dan  453 ekor sapi lokal). Sedangkan jumlah sapi siap jual sebanyak 277 ekor.

“Data tersebut berasal baru dari 2 feedlot sementara feedlot yang ada di provinsi lampung ada 10 Feedlot” Kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ir. Lili Mawarti, M.Si

Dalam hal ini disampaikan oleh Pimpinan PT. Indo Prima Beef sekaligus Ketua PPSKI (Perhimpunan Peternak Sapi Kerbau Indonesia) bahwa ketersediaan sapi potong di Lampung aman dan dapat memenuhi kebutuhan di luar daerah Provinsi Lampung.