Ketakutan Soal Joki CPNS, Komisi I akan Cek Lokasi Tes

BANDARLAMPUNG, DL – Kepala BKD Lampung Lukman mengaku pihak pemerintah provinsi Lampung sudah siap untuk menghadapi tes CAT CPNS 2019. Rencana akan dimulai pada Minggu (2/2/2020) mendatang.

“Gak ada perubahan insyaallah tanggal 2 mulai dibuka, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi nanti yang buka,” katanya.

Jika Komisi I DPRD Lampung ingin melihat langsung pelaksanaan tes CAT CPNS, Lukman mengatakan pada 11 Januari nanti giliran yang formasi Pemprov Lampung.

“Soal CPNS itu mereka tidak sama soalnya, dan soal itu dari pusat bukan dari Lampung dan mereka tidak bisa kerjasama. Setelah tes pun itu langsung diumumkan nilainya, jadi gak ada kesempatan lagi lah macam-macam,” tegasnya.

Soal Joki CPNS dia mengklaim tidak ada.”Gak ada pak, karena ketat dan jelas soal nya pun langsung di komputer. Itu juga pusat yang ngasih, daerah hanya tempat saja,” tegasnya.

Sekretaris Komisi I DPRD Lampung Mikdar Ilyas, mengungkapkan hasil hearing dengan BKD Lampung menanyakan bagaimana keterbukaan dan bagaimana hal-hal lainnya berhubungan dengan tes CPNS, karena takut adanya joki CPNS.

“Dan katanya itu kecil kemungkinan itu tidak ada,” ucapnya.

Selain itu, Komisi I DPRD Lampung meminta kedepan untuk formasi Lampung diisi oleh masyarakat Lampung sendiri.

“Harapannya kedepan diutamakan yang ada di Provinsi Lampung. Maksudnya yang punya KTP Lampung. Karena saat ini terbuka secara nasional. dikhawatirkan kalah saing dengan orang luar Lampung. Kami minta BKD usulkan ke pemerintah pusat agar itu ditindaklanjuti jadi hanya orang Lampung saja jika untuk formasi di Lampung. Agar mereka bisa mengisi peluang-peluang yang ada di kabupaten/kota,” katanya.

Terkait persiapan CAT, menurut pengakuan BKD ini sudah siap dan ini diadakan di Itera untuk formasi Pemprov Lampung.

“Mereka menyatakan sangat siap, namun jika secara mendadak diluar dugaan misalkan mati listrik itu tidak bisa dihindarkan,” kata Politisi Gerindra ini.

Soal Joki itu, sangat kecil kemungkinan, dan Komisi I DPRD Lampung akan lakukan cek juga ke tempat tes CAT.

“Insyaallah apa yang dikhawatirkan, bahwa hal-hal itu kecil kemungkinan. Kalau ada sesuatu yang ganjil, mari sampaikan kita Tindak lanjutin sama-sama,” jelasnya. (mt)