Hari ke 6 Operasi Patuh 2022: 241 Pengendara di Bandar Lampung Lakukan Pelanggaran

BANDARLAMPUNG, DL- Satuan Lalu Lintas Polresta Bandarlampung mencatat hingga hari keenam Operasi Patuh Krakatau 2022, ada 241 pengendara melakukan pelanggaran di kota Bandarlampung.
Angka tersebut merupakan akumulasi hari pertama operasi dilakukan hingga saat ini. Diantaranya, ada 111 penindakan dan 130 teguran yang terekam kamera tilang elektronik atau ETLE.
Kasatlantas Polresta Bandarlampung AKP M Rohmawan mengatakan, di hari keenam pihaknya menggelar gebyar tertib berlalu lintas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
“Kegiatan dilakukan untuk imbauan kepada masyarakat agar tertib berlalulintas. Kami tonjolkan ada pahlawan Indonesia Radin Inten dan Hulubalang,” ujar Rohmawan, Sabtu (18-6-2022).
Rohmawan menuturkan, adanya tokoh pahlawan Nasional ini, sebagai pengingat bahwa setiap pengendara bisa menjadi pahlawan tertib berlalu lintas untuk diri sendiri maupun orang lain.
Bahkan, dalam kegiatan ini Rohmawan bersama tim membuat pertanyaan untuk pengendara. Apa bila jawaban tepat, maka mendapatkan hadiah.
“Pengendara yang lengkap, dan bisa menjawab pertanyaan dari kami. Seperti letak ETLE, kita berikan helm dan sembako,” ungkapnya.
Menurutnya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pengendara akan patuh berlalu lintas. Namun, untuk kali ini difokuskan penggunaan ETLE.
“Sesuai dengan perintah dari Korlantas Polri, penindakan kita itu tidak manual menggunakan ETLE. Ada 2. Ada di Tol dan 5 di dalam kota Bandarlampung,” kata Rohmawan.
“Di Bandar Lampung per hari ini sudah ada 111 penindakan di kota Bandarlampung. Sedangkan untuk ETLE sebanyak 130 teguran. Rata-rata pelanggar tidak pakai helm, melanggar arus, tidak safety belt,” sambungnya.
Untuk itu, Rohmawan berharap pengendara untuk disiplin dalam berlalu lintas. Baik di Operasi Patuh Krakatau 2022 ataupun setelah selesai operasi ini.(Ca)