Bantu Pemohon SIM, SatLantas Polres Tuba Buka Bimbel Gratis

Tulang Bawang, DL- Sulitnya masyarakat dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) sehingga memilih ‘jalur cepat’ akhirnya dijadikan peluang pungutan liar (pungli) oleh oknum nakal.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus menyorot praktik pembuatan SIM guna mencegah terjadinya pungli.

Berbagai kebijakan dilakukan oleh Kapolri untuk menghilangkan pungli dalam kegiatan pembuatan SIM di seluruh Polda jajaran.

Tak hanya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke satpas, Mabes Polri juga memberikan kebijakan untuk langsung mengulang pada hari yang sama mulai dicanangkan. Seluruh polres di Polda jajaran Mabes Polri bisa menyediakan waktu untuk pemohon mengulang ujian di hari itu juga.

Namun ternyata Polisi Lalu Lintas (Polantas) masih menemukan pemohon kesulitan dalam ujian teori maupun praktik. Sehingga Direktorat Lalu lintas Polda Lampung dan jajaran membuka bimbingan belajar (bimbel) untuk pemohon SIM.

Kasat Lantas Polres Tulang Bawang Iptu Glend Felix Siagian mengatakan, fasilitas bimbel ini khusus untuk para calon pemohon SIM, terkhusus untuk warga di Tulang Bawang, Lampung.

“Benar, Kami memberikan fasilitas kepada para pemohon SIM khususnya masyarakat yang mau belajar untuk mengikuti bimbel,” ujar Glend saat dikonfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Glend menuturkan, bimbel ini dibuka untuk memberi pelatihan khusus terhadap masyarakat pemohon SIM. Menurut dia, tujuan dari dibukanya bimbel ini adalah agar saat melakukan ujian teori dan praktik bisa lebih mudah dan bisa lulus.

“Karena mungkin ujian teori dan praktik ini masih menjadi hal yang sulit untuk para pemohon SIM karena kurangnya pengetahuan. Jadi kita sediakan bimbel gratis ini,” kata Glend.

Alumni Akpol tahun 2016 ini menambahkan, bagi masyarakat kabupaten Tulang Bawang yang ingin mengikuti bimbel gratis bisa dilakukan setiap hari Senin-Jumat pada jam pelayanan di kantor satpas Polres Tulang Bawang.

Kemudian bagi pemohon jika sudah mampu dan bisa ujian praktik, lanjut Glend, bisa langsung mengikuti ujian. Namun, jika masih ragu akan diberi kesempatan untuk bimbel terlebih dahulu.

“Kita menyarankan kepada masyarakat untuk bimbel dulu sampai betul-betul yakin baru mengikuti ujian,” imbuhnya.

Salah satu pemohon, Paijo, warga Bumi Dipasena mengatakan, adanya bimbel ini sangat membantunya. Terlebih untuk dia yang bingung dalam ujian teori dan praktik.

“Disini membuat sim sangat dibantu sekali. Karena saya masih gagal ujian,” kata Paijo.

Menurut Paijo, saat ini dia masih terus mengikuti bimbel hingga benar-benar lancar dan mendapatkan SIM C.

Tak hanya Polres Tulang Bawang, beberapa Satlantas di jajaran Polda Lampung juga memberikan layanan bimbel gratis untuk calon pemohon SIM. Untuk itu, masyarakat di daerah lain juga bisa mendatangi Polres terdekat untuk mengikuti bimbel SIM gratis.(Ca)