Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PKB Okta Rijaya Gelar Sosialisasi Pembinaan Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Di Desa Kunjir Rajabasa

Lampung Selatan  –  DAULATLAMPUNG.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Okta Rijaya melakukan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Kegiatan yang diikuti masyarakat dan para pemuda Desa Kunjir dengan menghadirkan narasumber Dr. Sofia Masayu dan H. Haidir Bujang, MM, tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPC PKB Lampung Selatan Aliful Ma’rifah serta Ismail Ketua Garda Bangsa Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam penyampaiannya Anggota DPRD Provinsi Lampung H. Okta Rijaya mengatakan Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha membekali generasi muda agar tidak terpengaruh berbagai ideologi atau paham yang bertentangan dengan ideologi negara.

“Melalui kegiatan ini DPRD Provinsi Lampung membantu pemerintah dan masyarakat untuk mengingatkan sekaligus membina kembali terhadap empat pilar kebangsaan, baik itu pancasila, bhineka tunggal ika, NKRI ataupun UUD 1945.” Ujarnya

Dengan pemahaman yang baik, lanjutnya, menjadikan pancasila dan wawasan kebangsaan sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan tetap kokoh.

“Tanpa persatuan dan kesatuan,  Indonesia tidak ada. Karena itu, generasi muda harus tetap menjaga agar Indonesia tetap bersatu,” Ujarnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membuat masyarakat kian mudah memperoleh informasi. Namun, pada sisi lain, tidak semua informasi sesuai dengan budaya dan ideologi Bangsa Indonesia.

“Bangsa Indonesia perlu terus memperkokoh pemahaman ideologi Pancasila kepada masyarakat, terutama bagi generasi muda,’’ Ujar Okta Rijaya.

Sementara, selaku narasumber Dr. Sofia Masayu dan H. Haidir Bujang, MM, menerangkan tentang keragaman Bangsa Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku, budaya, maupun agama.D

Disamping itu Haidir Bujang mengatakan dalam memahami makna pancasila di harapkan masyarakat bisa memaknai secara keseluruhan sehingga nilai nilai yang terkandung di dalamnya bisa di mengerti dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari.

“Saya tekankan pentingnya masyakarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kebhinekaan di lingkungan sekitar dan bersama- sama menangkal paham atau ideologi yang akan memecah belah bangsa,” Tukasnya (Rizki/Red)